Selamat Datang di KPKS St. Yohanes Penginjil

Sampai dengan tahun 60-an hampir tidak ditemukan seorang Katolik yang membaca Kitab Suci sendiri atau kelompok awam yang mendiskusikan sebuah perikop. Tidak terbayangkan juga pada waktu itu umat Katolik menyelenggarakan kursus Kitab Suci bagi kaum awam atau seminar yang membahas sebuah tema biblis.

Dalam kurun waktu lebih dari 40 tahun terakhir dalam Gereja Katolik memang telah terjadi perkembangan besar dalam semangat umat untuk membaca dan mendalami Kitab Suci. Berbagai usaha dalam karya Kerasulan Kitab Suci memang telah dilakukan oleh Gereja Katolik Indonesia. Semua ini dipicu oleh Konsili Vatikan II yang berniat “mengembalikan” Kitab Suci ke tangan umat.

Sekarang kita telah melihat hasilnya. Dari tingkat nasional, keuskupan, paroki, sampai dengan tingkat lingkungan diselenggarakan berbagai kegiatan untuk mendalami Sabda Allah. Banyak orang yang berminat untuk hadir dalam kursus atau seminar yang membahas tema Kitab Suci.

Walaupun demikian, perkembangannya belum seperti yang diharapkan. Masih banyak orang yang enggan untuk membaca Kitab Suci. Banyak orang yang masih “merasa alergi” dengan hal-hal yang berbau Alkitab. Karena itu, masih perlu dilakukan usaha-usaha untuk mengantar umat Katolik kepada Kitab Suci supaya mereka sendiri membacanya, menikmatinya, dan mendengarkan Sabda Tuhan.

Kursus Pendidikan Kitab Suci (KPKS) Santo Yohanes Penginjil Keuskupan Bogor merupakan bentuk usaha untuk membantu umat untuk mendalami Kitab Suci, khususnya dengan mempersiapkan tenaga-tenaga awam untuk terlibat di dalam karya pelayanan Sabda.

3 thoughts on “Selamat Datang di KPKS St. Yohanes Penginjil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *